Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi mempunyai tujuan sebagai berikut :
a. Tujuan Umum
Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan profesional, bertanggung jawab, dan mampu merealisasikan ilmunya pada bidang pekerjaan yang relevan.
b. Tujuan Khusus

  1. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dalam berbagai bidang studi sesuai dengan kebutuhan.
  2. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki wawasan luas tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  3. Menghasilkan tenaga kependidikan yang mampu bersosialisasi di era globalisasi sesuai dengan bidang pekerjaannya.
  4. Melaksanakan dharma penelitian dalam bidang kependidikan yang sesuai dengan dharma pendidikan dan pengajaran dan dharma pengabdian pada masyarakat.
  5. Melaksanakan dharma pengabdian pada masyarakat di bidang kependidikan yang sesuai dengan dharma pendidikan dan pengajaran, serta dharma penelitian.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA :
Sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah mencetak pendidik dan tenaga kependidikan (guru) yang beriman, bertaqwa, berpancasila, memiliki wawasan yang luas tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, mampu bersosialisasi dengan bidang pekerjaannya, serta mampu bersaing tingkat lokal, tingkat nasional dan tingkat internasional.
Strategi yang dilaksanakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk tercapainya visi, misi, tujuan dan sasaran antara lain :

  1. Input yaitu rekruitmen calon mahasiswa (embrio) memiliki prestasi akademik yang baik, melalui jalur PMDK (jalur prestasi) dan jalur tes dengan tingkat kelulusan yang betul-betul objektif dan selektif.
  2. Proses yaitu mulai diterimanya sebagai mahasiswa, dibimbing oleh dosen wali, diwajibkannya mengikuti PPBN (Pendidikan Pendahuluan dan Bela Negara), disusunnya kurikulum sesuai dengan kebutukan tantangan di masyarakat, diadakannya bimbingan konseling untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa, dibukanya foraum diskusi antar mahasiswa dan pimpinan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan agar terciptanya suasana akademik yang kondusif.
  3. Output yaitu setelah lulus, Pimpinan Fakultas senantiasa berkoordinasi dan saling memberikan informasi melalui bursa kerja ataupun bimbingan karier hal ini menunjukkan bahwa fakultas bukan saja mencetak calon lulusan yang profesional akan tetapi merasa bertanggungjawab sampai mendapatkan pekerjaan sehingga rasa memiliki terhadap almamater betul-betul terjaga.
  4. Outcome yaitu dibentuknya ikatan alumni dengan tujuan lulusan baik tingkat Program Studi, Fakultas sampai Universitas diharapkan dapat berbagi pengalaman dengan para yuniornya baik pengalaman ketika kuliah maupun pengalaman setelah terjun di lapangan, dan para lulusan senantiasa memberikan informasi kepada lembaga sebagai bahan pengembangan dimasa yang akan datang.